Lilypie - Personal pictureLilypie Second Birthday tickers

Wednesday, August 15, 2012

Ber-KB

Dulu, waktu masih belum menikah dan suka sering melihat banner-banner Program KB..ga pernah loh kepikiran bahwa suatu saat, saya akan bergerilya mencari alat kontrasepsi dan menjadi bagian dari program KB tersebut :D

Setelah Raisya lahir, saya memilih KB Suntik bulanan sebagai metode kontrasepsi. Kenapa? Errrr…karena masih ngilu rasanya kalau mau IUD. Hasil browsing sana-sini mengenai IUD inih bikin saya jiper mau pasangnya..ya padahal sih pasti tergantung kondisi masing-masing juga… Tapi mengingat trauma melahirkan yang agak rusuh dan berdarah-darah itu…nyali saya langsung ciut *cemen*

Saya biasanya KB suntik di bidan dekat rumah, selain praktis karena dekat pleus murah. Harganya bisa jauh beda loh kalau KB di rumah sakit, karena kan selain bayar suntikannya juga bayar jasa dokter dan administrasi RS *itungan banget sih buuu :P*, sedang kalau di bidan,cukup bayar obatnya saja palingan abis Rp. 22 ribu ajah. Nah, kalau pas jatah suntiknya kebeneran pas saya lagi di Jakarta, biasanya sih saya lebih milih melipir ke puskesmas.. Di puskesmas dengan obat suntik yang sama cuma bayar 11 ribu saja :D. Sempet tanya-tanya kalo pasang IUD berapa, dan cuman bayar 50 ribu saja terus dibilangin juga kalo untuk pemegang KTP Jakarta, KB di puskesmas itu gratis loh (CMIIW). Yah, sebagai bagian dari upaya pemerintah untuk menekan angka kelahiran.

Setahun lebih pakai suntik bulanan, keluhannya Cuma: berat badan yang terus terus dan terus naik :D. Kalau untuk datang bulan sih masih cenderung normal meski volumenya jadi sedikit ya, beda banget sama jaman gadis dulu. Sebenernya sih pernah loh pas lagi KB suntik trus berat badan turun sampe 5 kg…errrr…tapi ya itu diet bener2xan, yang makan cmn 3 sendok nasi, trus ga makan malem. Sebulan bisa turun sampe 5 kg tapiiiii cuman tahan sebulan ajaaah karena abis ituh maag kumat :P

Sekarang sedang ganti kontrasepsi pake Pil KB, setelah sebelumnya konsultasi dokter dulu. Dokter sih sebenernya lebih menyarankan pasang IUD tapi tetep saya masih belum berani :P, jadi diresepkan pil KB Yaz untuk setiap bulannya. Yaz ini harganya sekitaran 220 ribu….katanya sih termasuk Pil KB nomer satu. Saya mah percaya aja soalnya harganya udah mihil gitu ya masa ga bagus ya :P. errrr…untungnya semua dicover asuransi kantor jadi ga perlu keluar uang segitu wekekkekeke *azas manfaat*

Kelemahan pil kb ini cuman ga boleh lupa… padahal saya ini termasuk orang yang suka lupaan kalo makan obat :P. Tapi sebulan kemaren bener-bener ditelatenin. Karena pas mulai pake pil KB itu pas bulan puasa, jadi makannya pas sahur. Naah..pernah sekali dua kali lupa minum, ntar pas maghrib harus langsung diminum.

Terus sempet deg-degan karena jadwal datang bulan berubah… 2 minggu belum mens dari jadwal terakhir. Sampe cek ke dokter loh :P. Ternyata, kalau pake pil otomatis siklus akan berubah, mensnya jadi pas si pil kb nya abis. Kalo Yaz, satu stripnya itu ada 28 pil, terdiri dari 24 pil berwarna merah jambu dan 4 pil warna putih sebagai ‘reminder’ pil…nah kemaren saya pas pil putih ini habis, mensnya langsung datang :)

Selang satu siklus ini udah lumayan enak nih pake pil kb Yaz. Nanti setelah 3x pake alias 3 bulan memang harus konsultasi lagi ke dokternya.

Sesungguhnya saya lagi kangen hamil loh… Tapi dipikir lagi kalo saya hamil sekarang, sementara kondisi masih ga puguh gini, saya merasa kasian sama Raisya..kami aja belum bisa memberikan perhatian sepenuhnya sama dia, eh nanti udah ada adiknya lagi…it just seem unfair for her. Jadi, mau exclusive Raisya dulu aja deh sekarang ini… Insya Allah ber-kb ini sementara jalan yang terbaik buat keluarga kami :)

Trus, apakah nantinya saya akan IUD? Heummmmmm….. good question, next one please :P *edisi ngeles*

 

No comments:

Post a Comment