Lilypie - Personal pictureLilypie Second Birthday tickers

Monday, April 4, 2011

Unexpected Mission...

Dear My Daughter Raisya, Jadi, selain Bunda ninggalin kamu kerja di Jakarta every monday-friday, tiba-tiba aja Bunda ditugaskan untuk mission ke Hanoi, Vietnam. Entahlah darimana pertama kali datangnya ide untuk kirim Bunda mission... ya karena biasanya sekretaris jarang banget dibawa mission, kecuali sekretaris yang udah senior dan itupun Meetingnya based on project alias dibiayai semua oleh project bukan kantor Bunda. Cerita awalnya sih, karena Technical Officer (TO) dari Unit Standards and Conformance, salah satu unit di divisi Bunda, resign awal februari lalu dan sampai sekarang belom dapet lagi TO baru. Dan, di minggu kedua Bunda kembali ngantor setelah cuti lahiran, tiba-tiba aja Bunda disamperin sama Senior Officer (SO) SCU dan bilangin klo Bunda bakal diajukan untuk ikut mission ke Hanoi, meeting APWG. Waaah...Bunda sih antara senang tapi banyakan bingung dan sedihnya siih..karena harus pergi sejauh itu dan ninggalin kamu. Untungnya jadwal meetingnya selasa-kamis, jadi tetep di hari kerja Bunda berangkatnya. Tapi....tetep aja yaa rasanya lebih beraaat banget daripada kalo ninggalin kamu ngantor ke Jakarta T_T. Well, , but then tugas adalah tugas.... Bunda tetep kudu berangkat.

Keputusan Bunda berangkat keluar satu minggu sebelum jadwal meetingnya. Jadi, seminggu sebelum berangkat itu Bunda baru urus passport. yak..yak... Bundamu ini belom punya passport... waktu itu mau barengan bikin passport sama Ayah yang mo dines ke Jepang tapi ternyata Ayah passportnya passport biru (passport dinas) jadi Bunda males deh klo musti urus sendiri...dipikir belom ada rencana mau ke luar negeri inih :P. Karena waktunya bakal ribet, Bunda akhirnya pake jasa 'orang ketiga' buat urus passportnya...lebih mahal siiih tapi setidaknya Bunda ga perlu repot dan antri.

Ternyata, bikin passport itu gampang ya…apa karena Bunda pake calo. Jadi, Bunda tinggal dateng buat foto dan itupun ga pake antri. Pas dateng foto padahal udah siang, masuk Kantor Imigrasi Bandung, weleeh udah penuh sesaaak. Kirain Bunda bakal jadi salah satu pengisi kesesakan itu, ternyata langsung disuruh masuk buat foto sama calo-nya Bunda ahahhay. Foto trus wawancara kira-kira 15 menitan ajah. Passport sip dan bisa diambil hari Jum’at…ahahahha 2 hari sebelum berangkat aja gituuh :P. Tapi, syukurlaaah…meski mepet-mepet gini bisa jadi tepat waktu.

Bunda berangkat hari Senin tanggal 4 April 2011. Sabtu miinggunya Bunda bener-bener pake buat kangen-kangenan sama kamu. Haaa..lebaaay padahal sama aja perginya kayak biasa :P. Bawaan Bunda satu koper baju (koper kecil aja looh), tas laptop daaan tentu aja cooler bag. Jadi, udah bertekad seberapapun dapetnya ASI slama di Hanoi nanti Bunda berniat buat bawa pulang daripada dibuang….weeeek….sayaaaang. Untuk ini, Bunda udah siapin peraturan dari TSA, seperti ini. Berangkat dari Lembang jam 12 malem langsung ke tempat travel Cipaganti. Travelnya berangkat jam 1 malem, untuk keberangkatan Bunda jam 5.50 Jakarta-Singapore-Hanoi. Jam 3.30 Bunda udah sampe bandara…wushaaa…cepeet ternyata klo malem-malem. Langsung ke tempat cek in ga pake nunggu SO Bunda. Bunda piker mending Bunda cek in duluan karena khawatir Cooler Bag yang berisi Blue Ice-nya ntar dimasalahkan. Pas Cek in di counter SQ, mas-nya baaaiiik hohohoho. Abis disitu terus ke Imigrasi… untuung karena masih subuh gitu, imigrasinya masih sepi jadi ga pake antri. Oh iya, lolos pemeriksaan carried baggage ..hahahay Alhamdulillaaah… cuman pas dicek sama security SQ sempet siih ditanyain ‘ini apa’ sambil ngambil blue ice…ya Bunda bilang aja itu blue ice buat menjaga suhu ASI nanti..untuuung bapak-bapak dengan muka serem itu meloloskan… Thank you Pak security....

Dan, karena cek in nya misah, Bunda sama SO Sonny pun duduknya misah dan Bunda ga ketemu sama dia bahkan pas mo naik pesawat. Udah keki ajaa, gimana klo dia ga ada…hahahha…tapi ngga mungkin laaah. Well, dengan pengalaman di penerbangan local (ya sama aja kalii yaa) Bunda pun PD aja naik pesawat sendirian :P. Dapet tempat duduk deket jendela, trus pas take off tiduuuuuur…jadi tau-tau udah terbang aja dan mo dikasih sarapan :P. Waktu tempuh Jakarta-Singapore sebentar ajaaa, jadi ngga berasa deh naik pesawatnya..selese sarapan eh tau-tau udah mau landing aja. Sampe Changi Airport sekitar jam 7.50 buat transit. Whoaaaaaa….. udik deeh Bunda langsuuung…gimana niiih cara transitnyaaa…. Akhirnya Bunda nungguin SO Sonny muncul aja..untuuung ketemuuuuu :D. Transit di Changi Airport sekitar satu jam, cuman karena takut ktinggalan, Bunda ga sempet killing Airport Changi yang cantik ituuuh…. Yaah..nantilaah pas pulangnyaa ehehhehe. Selanjutnya pas mau boarding buat lanjut ke Hanoi, kembali harus melalui pemeriksaan. Daaan…lolooos dengan mudahnya… pikir apa mereka emang udah ngeh sama peraturan TSA itu ato karena blue ice nya masih beku ya dan belom ada ASI-nya juga… yaaah apapunlaah yang penting bisa lolos dengan mudah :D.

Penerbangan Singapore-Hanoi cukup lama…sekitar 2 jam lebih. Alhamdulillah cuaca bagus jadi enak penerbangannya. Sampe Hanoi jam stengah 1-an.Perjalanan Airport – Hotel sekitar satu jam. Hotelnya enak, begitu cek in dan masukin tas ke kamar, Bunda terus Pumping.. Abis itu terus titipin ASI plus Blue Ice-nya ke restoran hotel. Cuma yaaa, agak susah komunikasi sama bahasa inggrisnya ke orang Vietnam…musti berulang-ulang diterangin baru deh ngerti. Terus ekspresi muka mereka tuh kaya yang bingung terus..jadi Bunda was-was…ini beneran ngerti ga ya kalo itu musti ditaro di freezer dan musti beku. Bismillah aja deh pokoknya… Acara pumping ini ternyata lebih sulit dicari waktunya pas hari meetingnya. Tadinya Bunda sudah menjadwalkan untuk pumping itu pagi-pagi, pas makan siang, jam 6 sore dan malem sebelum tidur… tapi Meeting-nya ternyata lumayan alot, jadi pas hari pertama itu Bunda ga bisa Pumping pas makan siang karena waktu makan siang yg dijadwalkan satu stengah jam dipotong hanya stengah jam aja, jadi Bunda cuma sempet makan doing. Pumping jam 6 pun ga bisa karena meeting baru kelar jam 7 malem dam abis itu Bunda masih harus bales-balesin email kantor yang kepending seharian. Jadi, barulah pas mau tidur bisa pumping, itupun dapetnya sedikiiit… hiks…

Malem pertama dan kedua di Hanoi, Bunda ga sempet kemana-mana, baru pas malem ketiga bisa jalan ngeliat Hanoi diajakin sama Delegasi dari Malaysia. Sempet kebeli oleh-oleh meski karena kita udah kemaleman keluarnya, jadi buru-buru gitu belanjanya. Dan, malam di Hanoi rupanya cepat berakhir. Jam 10-an gitu toko-toko udah pada tutup termasuk café. Jadi ga banyak yang bisa Bunda lihat. Cuma yang pasti aroma minuman keras kentara sekali di sepajang Han Gai dan sekitarnya itu.

4 hari di Hanoi, cukup buat Bunda. Tapi, banyak hal baru yang Bunda pelajari terutama content meetingnya daaaan Alhamdulillaah nambah lagi teman-teman baru J. Dan yang pasti Bunda udah ga sabaaaar banget pengen pulang ke Indonesia, ke Bandung…ke kamu… kangenyaaa lebih-lebih kalo Bunda tinggalin kamu ke Jakarta. Pas hari Jum’at dateng, Bunda girang bangeeet…. Abis cek out jam 10 pagi, Bunda ngambil titipan ASIP ke restoran dan Alhamdulillah beneran ditaro di freezer yang buat mbekuin… jadi ASIP (yg ga banyak itu) plus Blue Ice-nya bekuuuuu beneer. Saatnya siapin penjelasan kalo misal ditahan di pemeriksaan nih.

Masuk airport Hanoi, ternyata lolos dengan mudah :P. Sampe di pesawat, trus Bunda titipin ASIP dan Blue Ice nya ke pramugari buat dimasukin kulkasnya mereka. Titipan dianterin lagi pas stengah jam sebelum mendarat…daaan bekuuu bangeet2x. Terus, Bunda masih transit di Singapur. Sayang ga sempet liat-liat toko di airportnya karena waktu transit Cuma 40 menit, dan 20 menitnya udah abis dipake jalan dari terminal 2, kedatangan Hanoi-Singapore ke Gate keberangkatan Singapore-Jakarta. Sekali lagi harus masuk ke pemeriksaan. Kali ini Bunda distop dan ditanyain petugas…dooh emang di Singapore ini lebih strict pengamanannya..phewww… Petugas trus ngeluarin ASIP dan nanyain… Bunda udah siap dooong dan langsung Bunda bilangin klo itu Breastmilk. Untungnyaaa ga pake ditanya2x lebih ribet lagi. Begitu tau klo itu Breastmilk, langsung diizinin masuk…Alhamdulillaaah.

Dan hari jum’at itu Bunda pastilah jadi manusia paling berbahagia… begitu sampe Lembang,ngeliat wajah kamu yang sedang tidur pules…rasanya cape yang Bunda rasain langsung hilaaaaaang ga berbekas…. Oleh-oleh ASIP made in Hanoi (yg ga banyak itu) selamat sampe rumah J

No comments:

Post a Comment