Lilypie - Personal pictureLilypie Second Birthday tickers

Thursday, October 21, 2010

Inisiasi Menyusui Dini

OK.. this term is really new to me.. Inisiasi Menyusui Dini. Pertama kali denger istilah IMD ini adalah ketika ada seorang aktris yang melahirkan. Penasaran, bumil pun bertanya kepada mbah google dan si Mbah-pun sekali lagi membuktikan kecanggihannya. Banyak tautan yang menjelaskan tentang IMD ini, salah satu yang menarik adalah dari Blog-nya Tiara Lestari and Bumil langsung terdiam..terharu dan sejuta perasaan lainnya... Bumil coba copy sedikit penjelasan mengenai IMD, sbb:

"Inisiasi Menyusu Dini atau disingkat sebagai IMD merupakan program yang sedang gencar dianjurkan pemerintah. Menyusu dan bukan menyusui merupakan gambaran bahwa IMD bukan program ibu menyusui bayi tetapi bayi yang harus aktif menemukan sendiri putting susu ibu. Program ini dilakukan dengan cara langsung meletakkan bayi yang baru lahir di dada ibunya dan membiarkan bayi ini merayap untuk menemukan puting susu ibu untuk menyusu. IMD harus dilakukan langsung saat lahir, tanpa boleh ditunda dengan kegiatan menimbang atau mengukur bayi. Bayi juga tidak boleh dibersihkan, hanya dikeringkan kecuali tangannya. Proses ini harus berlangsung skin to skin antara bayi dan ibu." Source: (http://kumpulan.info/keluarga/anak/40-anak/99-inisiasi-menyusu-dini-imd.html)

beberapa link lain yang bisa jadi sumber ilmunya adalah:
- http://anakuya.wordpress.com
-
http://www.detiknews.com/read/2008/01/24/085634/883297/10/jangan-ambil-bayi-dari-dada-ibu?nd993303605

atau silahkan hubungi langsung Mbah google, dengan membisikan keyword 'Inisiasi Menyusui Dini'.

Dan, setelah brosing sana-sini, reading and understanding, bumil pun memutuskan untuk memprioritaskan hal ini, terutama dalam urusan mencari rumah sakit yang mendukung proses IMD. Soalnya ternyata, tidak semua rumah sakit mendukung proses ini, mungkin dikarenakan prosesnya sendiri memang memakan waktu cukup lama, +/- 1 jam.

Tapi tentunya, hal ini harus didiskusikan dulu sama Hubby, karena memang pasangan harus mendukung biar proses IMD bisa maksimal. Awalnya, Hubby agak-agak meragukan IMD dan mungkin berkesan berlebihan. Tapiiiiiiiii..... bumil tidak pantang menyerah. Demi membuatnya mengerti juga peranan penting IMD buat Baby-nya nanti, dikumpulkanlah itu artikel-artikel, biar dia bisa baca sendiri. Alhamdulillah...nampaknya sekarang dia memahami bahwa melakukan IMD itu memang perlu... goood husband sengihnampakgigi.

PR-nya adalah mencari rumah sakit, di Bandung tentunya, yang mendukung IMD. Dan, Alhamdulillah...minggu lalu dapet rekomen rumah sakit yang memang dari dulu sudah menerapkan IMD... ok ceklist!

Yang jadi kekhawatiran sekarang adalah kalau musti melahirkan Caesar, takutnya IMD-nya ngga maksimal sedih. Soal kenapa bumil ada kemungkinan caesar akan diposting minggu depan setelah selesai konsultasi dengan dokter yaaa..... Mudah-mudahan sih masih dimungkinkan untuk melahirkan normal, Insya Allah....senyum

2 comments:

  1. mbak, mohon info ttg RS di bandung yg pro IMD ya...
    Tq mbak..

    ReplyDelete
  2. @Amril: yang aq tahu sih di Hermina pasteur, trus di Dr. Emma, di Borromeus juga... Udah brapa bulan nih?

    ReplyDelete