Lilypie - Personal pictureLilypie Second Birthday tickers

Friday, April 27, 2012

Family Financial Management

Blog ini kayaknya ga pernah membahas soal financial atau hal-hal yang berhubungan dengannya ya…. Bukan… bukan karena bebas dari bebas dari hal2x berbau financial, tapi…. Karena yang nulis blog ini ga ngerti soal inih :P

Udah sering banget baca di blog2x tetangga soal Family Financial Planner atau investasi atau asuransi dan atau-atau lainnyah. Sungguh, cuman seneng baca ajah tanpa kepikiran untuk bergerak dan memulai management keuangan keluarga ini. Selain karena emang ga ngerti pun karena itu duit kayaknya lebih sering raibnya daripada ngendonnya… Jadi mau ngerekapnya pun malas… udah minus duluan sebelum mulai :P

Tapi kemudian di suatu siang yang panas, ikutlah sayah dalam seminar keuangan dengan pembicara Ligwina Hananto… iyess… the famous one :D. Apa yang dijabarkan langsung jleb jleb jleb ke hati dan otak… Pokoknya klo kata2x itu berupa pedang, udah mati idup berkali kali deh sayahnya. Langsung ngeh kenapa saya ini ga bisa nyimpen duit, ga ngerti itu duit lari kemana, ga pernah bisa spend dana buat liburan… ya ya ya…. And the thing is bukan karena penghasilan yang kecil tapi managementnya yang TIDAK bagus… haaah….

Kemudian semacam pengembara yang tersesat dan menemukan setitik sinar didepannya (ni apa sih ya….:P), tiba-tiba mata terbukakan dan otak berputar… I need to do something with this family money. Ya kan…karena seyogyanya, wanita alias sang istrilah yang bertugas memanage keuangan keluarga, so I am the one who will start to fix this family financial management big problem. Dan di suatu pagi yang bossless, ngobrollah saya dengan sahabat sejati sepenanggungan Kiky via gtalk, dengan membuka pembicaraan oleh pertanyaan: “Kim…gimana sih caranya nabung?”, dan dari situ mulailah konsultasi management keuangan keluarga dengan Ibu Kiky :P. Sungguh permbicaraan yang menarik… (ya kaaaan Kimiiiiiiiii… :p) yang kemudian menggerakkan sayah untuk membuat Family Monthly Budget di Excel tercinta, seperti di bawah ini:

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Disclaimer: angka2x diatas hanyalah fiktif belaka :P

 

Satu sheet utama ditemani oleh sheets lainnya yang link ke sheet utama. Sederhana ajah, klo yang ribet2x nanti bikin sayah malas isinya :P.

Kegiatan mengsisi sheets di excel ini diikuti dengan merapikan receipts. Kalo dulu dibuang atau disimpen sembarangan, bertebaran di tas, didompet, di HPO…. sekarang… diinput kemudian disimpem di folder case seperti ini:

 

Sekarang, semua receipts (beneran semuah muah, even yang printilan2x) sudah aman didalamnya, dibagian kategorinya masing2x.

Pertanyaan sekarang adalah: Bisakah sayah konsisten untuk terus memaintainnyah? :D

Namun, sesungguhnya jawabannya adalah HARUS kalau sayah mau membuat keluarga ini lebih tertib masalah keuangannya. Yes… I’m the queen… I am the controller… *tertawa mengikik*

Selanjutnya…. INVESTASI! Cmumunguuudhh eaaaa kakaaaa……….. :D

 

2 comments:

  1. Chatting yang aku tiba-tiba ditinggal buat ngambas itu ya? *lirik sinis :P


    Huwooo, kita pasti bisaaaa! :D

    ReplyDelete
  2. Errrr.... Kan cmn dalam rangka ktemu temen2x ngambasnya pun *ngeles maksimal :p


    Iyooosssh...mari saling bahu membahu Rock Wifes :D

    ReplyDelete