Lilypie - Personal pictureLilypie Second Birthday tickers

Monday, January 16, 2012

It's Minus 13

Hidup dengan mata minus ituh sungguh tidak mengenakkan.. Apalagi harus menderita minus tinggi... 
Pertama kali ketauan ajah udah minus 10... itu dulu.. waktu masih kelas 5 SD. Jadi, ceritanya karena di raport, kolom bagian pesan guru untuk orang tua, selalu saja ditulis "mohon dirumah diajarkan lagi membaca..." padahal aku udah lancar banget baca jauh sebelum masuk sekolah. Akhirnya, Ibu yang curiga...bawa aku ke dokter mata dan...ternyata minusnya udah 10 ajah. Menurut pak dokter waktu ituh, penyebab utamanya adalah karena ada saraf mata yang terganggu akibat gigi yang rontok waktu jatuh dari sepeda. Waktu jatuh dari sepeda ini umurku 2 tahun sajah. Minusnya diperparah oleh aku yang hobi banget baca...bahkan sejak sebelum lancar baca, udah hobi banget nenteng2x buku dan ketiduran sambil baca buku. 

Jadilah... Renny kecil ituh dulu udah make2x kacamata setebal minus 10…yang dipakein rantai biar ga jatuh… Penampakannya udah macam Johhny Iskandar (penyanyi dangdut jaman baheula)..dan sungguh menurunkan ke pd an ketingkat paling rendah. Tapi, on the bright side… kemampuan akademis aku meningkat tajam. Kalau sebelumnya aku selalu berada diluar 20 besar, sejak pake kacamata, langsung ranking 5. Dan kemudian lulus dengan angka NEM tertinggi.

Kehidupan masa remaja sungguh dilalui dengan ketidak pedean yang amat sangat akibat bermata 4 inih. Serasa orang aneh…si kutu buku yang suka ada di film-film, yang cuman mojok sendirian. Well…ga separah itu sih.. I was still able to make some friends dan berjaya…trutama dalam soal akademik. Tapi, ga pernah PD mendekati atau berdekatan dengan lawan jenis *ha ha ha*

Akhirnya…di tahun kedua kuliah, mulailah diperkenalkan sama yang namanya soft lens. Sungguh penemuan yang sangat  luar biasa buat aku. Instantly changing my life.. tingkat PD meningkat tajam… Transformasi besar2xan seorang Renny Amelia. Mulai berdandan…mulai PD lirik2x cowok dan mulai berjatuhan korban2x :P. Macamnya si betty la fea itu deh pokoknya :D

Mata minus gede inipun sempat memberikan keragu-raguan pas waktu lahiran. Karena, katanya ngga boleh melahirkan partus normal klo minusnya lebih dari 5. Untungnya Dr. Maxi termasuk dokter yang memberikan harapan, bahwa bisa dilakukan. Meski begitu, tetep konsultasi ke dokter mata, untuk menenangkan Ibu yang khawatir banget. Waktu itu, sampe 2 dokter mata didatengin… Dokter mata umum dan spesialis.. dua2xnya memberikan lampu hijau ^_^

Sebenernya, pake softlens ini, terutama setiap hari.. agak riskan ya. Karena mata jadi kekurangan cairan. Makanya, aku begitu sampe rumah selalu langsung lepas softlens, dan sebisa mungkin during weekend matanya diistirahatkan dari softlens.
Well, smoga aja ga nurun ke Raisya… cukup emaknya aja yang riweuh soal permataan inih. Kadang sih aku berpikir, Allah itu jaraaaaaaang banget kasih aku sakit, mungkin karena Allah udah ngasih aku sakit mata ini… Jadi, Alhamdulillah dikasih badannya yang sehat dan tahan banting (Insya Allah…)

Emmm… tadinya pengen ngasih poto berkacama tebal…tapii….ngga aaaah… keliatan deeh ntar ‘cantik’ nyah :P

Mariii..yang matanya masi sehat..disyukuri dan dijaga baik-baik yaaa….. ^-^

7 comments:

  1. trus..sejak kapan jadi minus 13?

    dulu waktu kecil aku malah pengen pake kacamata, karena keliatannya keren -_-", trus akhirnya 'berhasil' dapet minus 0.5, lama-lama naik jadi 2.75 sampe sekarang dan sungguh sekarang paham artinya 'becareful what you wish for' :D

    ReplyDelete
  2. Gradually smakin nambah minusnya, apalagi pas kerjaannya nongkrongin komputer mlulu :P. Ituh ketauan minus 13, kira2x satu stengah tahun lalu... Sekarang blom cek mata lagi... tatuuuut :P

    Klo minus kecil mah emang nampak keren berkacamata... siga pinter wekekekek

    ReplyDelete
  3. heiiiy bolor sadis..salam dr bolor manis :p

    ReplyDelete
  4. hey..sesama bolor dilarang saling mengganggu!

    ReplyDelete
  5. wah sama...aku jg minusnya tinggi...8,5. Mungkin skrg 9...uda lama ga periksa dan softlense yg dipake sekarang ga gt jelas, brati mgkn minus nambah...

    Aku jg dari SD kelas 1 uda pake kacamata...model kacanya yg lebar, pake rantai jg :(
    sejak pake softlense emg jd lbh pede :)

    cuma jadi ga bisa mejeng dengan softlense warna warni krn ga ada yg ampe minus sgtu.

    wkt lahiran aku cesar karena dokter mata bilang retina tipis, jd riskan buat lahiran normal...

    ngeri jg takut nurun ke anak, krn katanya minus mata itu bisa nurun...

    aku jg pake tiap hari...sejak jaman SMU..moga2 ga akan ada kejadian mata kering dan ga bisa pake softlense lg...bisa pede jeblok :p

    ReplyDelete
  6. Tolongin mbak .cuma mau nanya mbak. emang ada jual kacamata minus 13 ya ? saya juga harap-harap cemas nih soal minus saya ?

    ReplyDelete
  7. @anonym: Kacamata? ada dooong :) tapi coba pilih kacanya yang bahan plastik biar ga berat...agak lebih mahal sih biasanya, tapi nyaman :)
    Soft lens juga ada tapi tidak yang berwarna dan harus indent dulu
    Hope its help :)

    ReplyDelete