Lilypie - Personal pictureLilypie Second Birthday tickers

Monday, July 25, 2011

Rekapan MPSu 6 Bulan

Iyesss..... neng Raisya udah makan sejak masuk 6 bulan kemaren, cerita awalnya makannya di sini.
Kehebohan hanya terjadi pas persiapannya aja, cari2x menu dan makanan apa aja yang udah boleh dikasih dan yang belum boleh. Acuannya ke sini. Alhamdulillah di dunia jagat maya ini banyak banget referensi yang bisa didapet, meski kadang saking banyaknya malah jadi binguuung...mwehehehehhe.... Yang pasti banyak kesamaan dari hasil browsingan sana-sini, so aku ambil generalnya sajah.
Di bulan pertamanya makan, Raisya dikenalin sama:

Serelia : Beras Merah Wangi, Beras Coklat, Oat
Sayuran : Buncis, Ubi Manis, Kabocha
Sayiran : Alpukat, Pisang, Pepaya, Pear, Apel

Beras merah wangi sama coklatnya beli gasol, Oat-nya beli yang quaker biru. Sayuran sama buahnyaa...beli langsung ke petani.. well, mostly siih ada yang bisa beli langsuung... the advantage of living di Lembang, sayuran sama buah masih bisa didapat dari first hand, harga murah dan masih sangat segaaar :D.
pengolahan makanan juga aku ikuti aturan NO GULGAR, bukan sekedar ikut-ikutan looh yaa..tapi setelah mbaca sana-sini makin paham dan mantap untuk menunda seeeelama mungkin perkenalan makanan yang mengandung gula dan garam.

Keinginan dan tekad untuk bikin sendiri makanannya Raisya alias homemade ini Alhamdulillah diaminin banget sama Abi dan tentunya Neneknya (yaa..karena kan Neneknya yg stiap hari ada :P). Ibu bilang, iyalah wong dulu juga aku sama adekku ga kenal instant baby food..jadi Ibu semangat juga kreasiin makanan buat Raisya :).
Jujur ajaa...tadinay dikira bakalan lumayan repot masak-masaknya, apalagiii aku yang ga pernah masuk dapuur... Tapi ternyataaa..it was soo easy and FUN! apalagi pas liat Raisya makannya lahap dan tandas..das...daass... duuuh...senengnyaa hati iniii....
Awal-awal aku yang bener-bener buaatin sendiri makanannya, trus stok di freezer...nanti si Emak (pengasuhnya Raisya=ART ibu :P) tinggal ngangetin. Tapi, lama-lama si Emak udah bisa bikin sendiri... Dia ngingutin jadwal makan yang sengaja aku tempel di kulkas sebagai acuan. Alhamdulillah...semuanya mau berpartisipasi untuk kasih yang terbaik :).


Excitement ini juga dibarengi dengan Raisya yang nafsu makannya gwedeee....wekekkee.... Dia sangat bersemangat klo jam makan. Kadang sau porsi ga cukup dia kayak yang masih mau mangap-mangaaap..... Umumnya dia suka semua... yang sempet takut dia ga mau siih waktu dikasih buncis (aja), secara emak bapaknya ga pada doyan, tapii..loloos... habis koq itu buncis, apalagi pas udah bisa divariasi sama serelianya.... Yang justru diluar perkiraan adalah... PISANG! She hates banana... OMG! Pertama kali dikasih pisang (yang cmn aq kerok aja trus ditambah susu), masuk beberapa sendok eeh truuuus muntaaah... Dicoba lagi besoknyaaa...dia udah huwek...huweeek... Aku yang masih usaha, sorenya ngasih lagi pisang sama Oat, yang dimakan cuma Oatnya ajaah! Besoknya coba dikasih lagi, dia tutup mulut!! bener-bener udah menolak itu sendok masuk mulut. Bahkan ketika menunya diganti pun dia masih tutup mulut, cuma mau makan paling dua sendok..abis itu stop! ampyuuuun..masa baru mulai makan udah diserang GTM... *geleng-geleng*. Sempet bikin khawatir nenek-nya. Untungnyaa di hari ketiga, dia mau buka mulut lagiiii.... penyelamatnya adalah KENTANG. yaa....biasanya kentang kan dikenalin di bulan ke 7, tapi waktu itu aku coba saranin ke ibu untuk kasih kentang di kukus..eeeh mau anaknyaaa.... Nafsu makannya pun kembali seperti semulaaaa.... *pheewwww*

Ini makannya masih 2x pagi sama sore... Makannya banyaak tapi tidak mengurangi nafsu mimik-nya dia...wekekekke... Sepanjang bulan pertama ini, pup-nya Alhamdulillah lancar... paling telat sehari aja dia ga pup, trus besok pagi atau siangnya udah pup.

Oh yaaa... selain item perlengkapan bikin makan ini, ada perlengkapan hasil ngidam dan cari sana kmari... dia adalaaah..... si Red Knife iniiih....:
Source: little kitchen


gara-garaa suka nonton Junior Masterchef, ngebet banget pengen pisau itu...abis kayak pisau mainan tapi nampak tajeem dan enak buat motong-motong. Cari-cari di ACE Hardware Radio Dalem ngga nemnuuu.... malah dikasih link little kitchen itu sama temen kantor. Jyiaaah...masa musti shipping....nampak bakal ribet wekekke... Akhirnyaaa...pas lagi iseng jalan ke Grand Indonesia (nyobain magnum cafe :P), mampirlah dulu ke ACE Hardware-nya...daaan menemukaaan si red knifeee... meski yaa ga terlalu mirip siiih... karena tutupnya bening gituuu... but at least kesampaian laah yaa... hewwmm...harganya disini, IDR 99.000 *for a knife.???.. Tutup mataaa*...

Yang paling banyak kepake saat ini... pigeon food maker, food processor sama baby cube-nya... Dan, bkin homemade baby food itu bener-bener mudah san skali lagi menyenangkan... Well..bukannya mau men-judge para mommies yang kasih instant food ya, tapii kalo ternyata bikin sendiri itu juga gampang...so why instant? Pembelaan aku kalo ada sodara atau tetangga yang bilang kenapa ga beli produk ini atau itu (instant), I'll say: yaah..kan kita juga ga mau klo stiap makan dikasih mie instant... maunya masakan kan?, well... so far ampuh bikin mereka ga mo komentar lagi. Lagipulaa...mind your own business laah!
Aku ga memandang negatif mereka yang kasih instan food, tapi juga berusaha sepenuh hati memperkenalkan mereka sama mudahnya bikin sendiri makanan untuk baby-nya.... And aku open 1x24 jam for my friends yang akhirnya tertarik dan nanya-nanya soal homemade... ^_^
Aku bertekad untuk terus dijalur ini, homemade..apalagi aku udah gagal di ASI..dan untuk yang ini, aku ga akan menyerah!! *kibarin bendera perang* :D

Yoosssh..sekian duluuu rekapan maem-nya Raisya... lots stuff to come on her second months... ^___^

No comments:

Post a Comment